in

1001 Tips Jadi Londoner Ala Anak Indonesia

Sebelum mulai membaca sepertinya saya mau membahas judulnya yang sedikit anu untuk sebuah artikel… hahaha. Yups, sepertinya saya perlu menulis artikel ini agar bisa menjadi pengalaman buat teman-teman  yang akan traveling ke London jadi bisa banyak persiapan dan bisa maksimal ketika berada di London.

Karena konsepnya tips, jadi akan saya tulis dari 1 sampai habis ide dalam pikiran saya, apa yang sebaiknya di lakukan oleh kita orang Indonesia yang wajahnya dari jauh sudah kelihatan pasti bertipe asia, namun jangan heran kalau terkadang orang London tidak tahu Indonesia, kebanyakan kita akan dianggap dari filipina.

1. Transportasi

Transportasi di London sudah terstruktur, Bus, Tube, DLR, London Overground, TfL Rail dan Tram saling terhubung. Semua pembayaran menggunakan satu kartu sakti bernama “Oyster Card” bisa dibeli pada waktu sampai dibandara dengan harga £15. Mengingat tarif trasnportasi di London yang sangat bervariasi, tidak bisa diingat dengan ingatan kita yang sudah bingung hari ini mau keliling kemana saja, saran saya langsung install aplikasi citymapper di hp. Citymapper memberikan total harga perjalanan yang akurat dan update dengan cara yang mudah cukup mengetikan lokasi tujuan saja. Jika ingin mengetahui gambaran transportasi London lebih jelas silakan kunjungi website : Transport for London tfl.gov.uk

2. Singkatnya ada 11 Jalur di London

Nggak ada salahnya, kalau kamu menghafalkan dulu jalur-jalur berikut sebelum sampai London atau minimal baca dulu saja berulang-ulang sebanyak 5x agar nanti tidak terasa asing ketika di London

  1. Bakerloo line
  2. Central line
  3. Circle line
  4. District line
  5. Hammersmith & City line
  6. Jubilee line
  7. Metropolitan line
  8. Northern line
  9. Piccadilly line
  10. Victoria line
  11. Waterloo and city line

3. Berapa Rata-rata tarif transportasi di London

Bus tarif flat  £1.5 pound jauh atau pun dekat, jika dalam 1 jam (dari terakir kamu tap kartu di mesin tap) tarif masih gratis meski berpindah-pindah bus sampai 10x atau lebih sampai kamu capek, setiap tap lagi akan dikenakan tarif £0. jadi kalau mau hemat sebelum 1 jam pastikan kamu sudah berpindah tempat… hahaha. Tarif underground dan overgorund sangat bervariasi mulai £2.5 pound tergantung peak dan off-peak, tergantung jurusan tapi yang pasti jika berpindah-pindah tanpa keluar loket keluar masih gratis. Saya ingatin lagi install citymapper saja kalau mau tahu kisaran harga atau gunakan google maps juga bisa jika males install.

4. To Let = disewakan, jika biasanya kita menggunakan rent untuk menyewakan sesuatu maka jangan heran jika melihat tulisan To Let dipakai untuk sewa di London biasanya tulisan ini akan kita jumpai di pinggir jalan untuk iklan properti.

5. Keep Stand on The Right Side = pengguna jalan harus tetap di sebelah kanan jika ingin santai, biasanya terjadi pada lift, jalan yang hanya 2 arah. Sisi sebelah kiri digunakan untuk orang yang sedang berjalan terburu-buru. Jika salah berakibat kalau tidak di bilang “Excuse me” sambil nyinyir gaya bule London atau yang paling parah kamu ditabrak dari belakang.

6. 1 pound sangat berharga. Selain nilai tukarnya yang cukup tinggi bisa sampai Rp 18.000 jika di money charger, ternyata 1 pound sangat berharga. Rata-rata barang dijual dengan harga 1 pound, buah apel 4 buah £1, Coklat cadburry dan toblerone £1, Deodorant dan parfum adidas £ 1, atau barang-barang murah lain biasanya dipaketkan menjadi satu agar harganya pas jadi £1.

7. Pecahan uang di London = untuk coin dimulai dari 1 penny, 2p, 5p, 10p, 20p, 50p dan 1 p. sedangkan untuk notes (pecahan kertas) 5 pound, 10 pound, 20 pound, 50 pound dan 100 pound.

8. Money Charger = bureau de change, London memiliki sebutan sendiri untuk penukaran uang yaitu bureau de change.

9. Masjid Ada disetiap Wilayah. Mencari masjid di London tidak begitu susah, hampir di setiap borough memiliki masjid yang bisa kita datangi untuk sholat berjamaah. Namun ingat layaknya masjid di luar negeri biasanya hanya akan buka pada setiap jam sholat. Dan di London setiap masjid memiliki jadwal jamaah (yang artinya jam buka masjid) berbeda-beda. Jadi tips pertama cari masjid di lokasi sekitar kamu menggunakan google maps, lalu cari website masjid tersebut untuk cek time playernya.

10. Camden Market wajib dikunjungi untuk beli Oleh oleh khas London. Jangan beli oleh-oleh khas London terlebih dahulu sebelum ke Camden market, karena harga di tempat lain relatif lebih mahal. Harga pasaran di Camden untuk gantungan kunci/magnet adalah £5 mendapatkan 7 pcs. Miniatur London dijual dari harga £3-£10 pound tergantung ukuran. Intinya jangan tergiur dulu beli di tempat wisata lain sebelum ke Camden.

11. Di London nggak ada panas-panasnya. Udara di London relatif dingin, rata-rata paling panas saat summer hanya mentok di 26 derajat namun kebanyakan di 20 derajat. Dan sisanya bisa sampai 0 derajat di musim dingin. Jadi siapin jaket karena bisa dipakai setiap hari di musim apa saja.

12. Oxford Street tempat wajib didatangi untuk belanja baju-baju branded khas London, semua merk ada di sini, diskon melimpah, tempat belanja yang nyaman, nggak bosen tiap hari datang kesini untuk beli-beli baju terupdate.

13. Indomie Ada di London. Nah buat kamu yang takut nggak bisa bertahan hidup jauh dari makanan khas Indonesia, jangan khawatir si Raja Nodles Indomie juga ada di London, puas2in deh makan Indomie di negeri orang… hahaha Biasanya di jual dengan harga 3 pcs untuk £1.

14. BNI dan Mandiri juga ada di London, Lokasi gabung di komplek perbankan daerah King Street. Googling saja alamat lengkapnya BNI London dan Mandiri Europe. Jadi tidak perlu khawatir jika butuh uang rupiah atau ada permasalahan dengan perbankan.

15. Ambil Uang di Cash Withdraw Machine (ATM), tidak perlu panik jika kita kekurangan uang selama di London, Kursnya juga bersahabat sesuai nilai tukar masing-masing bank. Sama seperti kebanyakan kita di luar negeri ambilnya di ATM yang banknya juga ada di Indonesia untuk memastikan agar tidak gagal transaksi : contoh waktu itu saja ambil di HSBC karena bank tersebut juga ada di Indonesia.

16. Makan di Restoran siap saji bersihkan sendiri. Ini poin paling penting jika makan di restoran siap saji selesai langsung silakan dibersihkan sendiri ya. Biasanya ada tempat sampah di pojokan dan ada tempat nampan diatasnya, silakan kembalikan ke tempat tersebut.

17. BIG BEN, menjadi tempat wajib dikunjungi ketika datang ke London, selain gratis banyak juga tempat wisata yang ngumpul satu komplek di Parliament of the United Kingdom. Westminster.

18. London bridge, bersaing ketat dengan Big Bean menjadi tempat destinasi favorit para turis ketika sampai di London, sama-sama gratis berkeliling disekitarnya kecuali jika mau naik ke atas towernya… hehehe

19. Museum jadi objek paling rame buat foto-foto. Tempat ketiga yang selalu rame dengan turis2 adalah museum, ya selain nilai histories yang ingin dilihat, mungkin juga karena bangunannnya yang kuno-kuno sudah berabad-abad tahun lamanya.

20. Stadion ada hampir disetiap borough. Pasti semua sudah pada hafal ya stadion-stadion yang di miliki Inggris karena kita sering menonton liga Inggris. Selama saya di London lokasi saya dekat dengan Stadion West Ham, Wembley, Stamford Bridge, Fulham dan lain lain sebutin sendiri.

 

BERSAMBUNG YA GUYS…. Update terus setiap detik hehe