banner
banner

4 Hari Di Malaysia, Berikut 7 Tips Menikmati Liburan di Negeri Jiran

229

Saya menulis artikel ini ketika sedang menunggu penerbangan saya untuk kembali ke Indonesia. Seperti banyak terjadi di antara kita karena asing berada dinegeri orang dan faktor takut terlambat saya datang dibandara cukup lebih awal yaitu pukul 13.00 waktu malaysia dimana penerbangan saya pukul 16.30. Lumayan lama 3,5 jam untuk menunggu dan akhirnya saya habiskan untuk membuat 7 tips Menikmasti liburan di Negeri Jiran versi aribowo.net.

Saya menulis artikel ini menggunakan akses wifi bandara dimana cukup login dengan memasukkan nama, no telp, email, dan negara asal. Berikut ini beberapa pandangan saya yang bisa saya rangkum selama 4 hari kunjungan saya kemalaysia

1. Persiapan Memilih Tempat Menginap di Malaysia.

Cukup banyak sekali tempat menginap dimalaysia mulai hotel, hostel, regency atau penginapan sejenisnya yang bisa kamu sewa. Harga rata-rata adalah sekitar Rp 200,000 sampai Rp 2,000,000 tergantung dari kelas hotel tersebut.

Paling bagus dan ini yang saya tahu menginapnya disekitar KLCC saja karena teman-teman bisa pergi ke Menara kembar petronas, Suria KLCC, Bukit Bintang, KLC Tower, Central Market, Petaling Street, The National Mosque, Masjid Jamek, Sultan Abdul Samad Building. Saya sendiri selama di KL menginap di hotel Hilton.

Dimana tempat booking hotel yang paling bagus? banyak sekali pilihannya, jika teman-teman tidak memiliki kartu kredit bisa via traveloka saja. Atau bisa bandingkan situs-situs booking hotel yang lain seperti agoda, booking, expedia pilih saja yang memberikan promo paling besar. Kalau saya sendiri pada waktu itu memilih booking.com karena bisa melakukan pembayaran di tempat ketika saya sampai di hotel. Yang paling penting dalam memilih hotel ada baiknya baca dulu review dari para pengunjung, jangan memilih hotel dengan review yang buruk karena bisa-bisa hari-hari mu dimalaysia akan berakhir dengan tidak menyenangkan karena salah pilih hotel.

2. Tukar Uang Rupiah ke Ringgit.

Buat teman-teman yang baru pertama kali pergi keluar negeri, ada baiknya mempersiapkan untuk menukarkan uang ke mata uang negara tujuan. Saran pertama bisa membawa uang rupiah lalu ditukar dibandara soekarno hatta.

Pilihan kedua menukar dibandara negara tujuan dalam hal ini bandara KLIA, katanya jika menukar di negara tujuan nilai tukar rupiah akan lebih turun karena tahu sendiri jarang yang menggunakan mata uang rupiah.

Pilihan ketiga mengambil lewat ATM, bisa via atm yang berlogo atm bersama, visa atau master card, namun perlu diperhatikan potongannya sangat besar berkisar 50,000-100,000 sekali memasukkan atm. Sebagai catatan meski bank penerbit kita mengatakan bisa ditarik disemua atm berlogo ini itu (biasanya visa dan master card) namun yang bisa dipastikan ambil uang di bank yang memang banknya ada dinegara kita, dalam kasus ini seperti Maybank, CIMB, HSBC dan pastikan ada logo atm bersama karena pengalaman saya pada waktu itu mengambil di atm RB bank bertuliskan visa namun transaksi ditolak dan potongan 100,000 tetap berlaku.

3. Moda Transportasi.

Ini pasti yang menjadi banyak pertanyaan, di Malaysia jangan khawatir soal transportasi jangan sampai kamu jalan kaki karena angkutan bus di Malaysia PERCUMA (baca: gratis). Jadi namanya kita ke malaysia niat jalan-jalan ya sudah kita pindah-pindah saja bus sesukanya sampai ketemu lokasi yang kita inginkan.

Nanti kalau kesasar bagaimana? jurus terakhir kita keluarin uang lalu pesan uber deh minta antar ke lokasi hotel kita dan masalah selesai.

Bicara soal transportasi gratis saya jadi kepikiran di Indonesia kapan bisa gratis juga. Karena pada waktu itu saya naik bus di sore hari terlihat orang-orang sedang pulang kerja bahagianya wajah mereka akan menuju rumah dan tidak perlu memikirkan biaya untuk pulang ke rumah jadi awal bulan atau akhir bulan mereka tetap bisa fokus bekerja dan tinggal membawa bekal dari rumah jika memang tidak memiliki uang sama sekali.

4. Alat Komunikasi

Handphone kita tidak akan bisa digunakan ketika berada di luar Indonesia atau jika memang masih ada sisa pulsa akan kena biaya roaming tapi tidak bisa di isi ulang dari malaysia. Saya sendiri menggunakan pascabayar namun semua paket langganan baik Internet maupun sms atau telp langsung tidak bisa digunakan.

Jika kamu ingin berhemat ada baiknya langsung mengganti simcard agar bisa tetap berkomunikasi dengan keluarga tercinta di Indonesia.

5. Memilih Lokasi Kunjungan Wisata

Lokasi wisata di Malaysia cukup beragam, ada baiknya kamu membuat itinerary yang jelas sebelum berangkat atau bisa kamu susun di waktu luang ketika dalam perjalanan. Jangan lupa untuk membaca review-review dari traveler lain yang akan sangat bisa membantu kamu untuk mendapatkan liburan terbaik dengan budget minimal. Ingat kalau bisa liburan hemat kenapa kita harus membuang-buang uang.

6. Membeli Oleh-Oleh Khas Malaysia

Jika ditanya oleh-oleh khas Malaysia apa? tidak usah bingung langsung saja menuju ke central market di kuala lumpur, silakan beli apa saja yang menurut kamu murah dan cocok untuk dijadikan cendera mata… hehe

7. Imigrasi

Tidak semengerikan imigrasi di eropa, mungkin beruntunglah kita karena sebagai tetangga serumpun, tidak terlalu banyak pertanyaan dan pemeriksaan yang beragam ketika kita berkunjung ke Malaysia, namun jangan lupa untuk selalu mempersiapkan tiket PP dan akomodasi hotel agar kita tidak perlu menjalani pemeriksaan yang cukup berbelit selama di Imigrasi



Related Articles & Comments

Comments are closed.