in

7 Tempat yang Wajib dikunjungi Selama Liburan di Dubai No 3 Paling

Untuk Jalan-jalan ke Dubai ada baiknya teman-teman penting sekali untuk memperhatikan sedang musim apa disana, Saat musim panas (Juni-September), suhu udara pada siang hari bisa mencapai 45 derajat Celcius. Sedangkan pada musim dingin (Desember-Februari), suhu bisa di bawah 10 derajat Celcius pada malam hari.

Biasanya pada musim panas adalah off-peak season, jarang turis yang datang dan mempengaruhi terhadap harga sewa hotel dan paket wisata tour yang rata-rata akan jauh lebih murah. Namun perlu diperhatikan juga suhu udara yang mencapai 45 derajat membuat kita tidak akan betah berlama-lama di luar ruangan bahkan untuk berfoto hanya 1 menit saja kita bisa tidak tahan.

Pada Musin dingin antara Desember-Februari ini adalah peak-season kabarnya harga hotel otomatis jauh lebih mahal, dan Dubai akan ramai oleh touris asing. Bahkan untuk paket tour rombongan kita bisa dijemputnya menggunakan bus karena banyaknya orang yang memesan. berfoto diluaran juga terasa lebih nyaman karena suhu udara normal 15-25 derajat. Kamu bebas deh mau berenang, foto-foto atau naik perahu di Dubai creek. Namun semua tergantung pilihan dan budgetlah yang menentukan.

Saya sendiri kemarin ke Dubai karena sekalian akan berangkat ke London, kebagian musim panas memang kenyataan Dubai sepi sekali, paket tour hanya berisi beberapa orang dan dijemput dari Bandara juga hanya saya seorang. Dan paling mengenaskannya untuk berfoto 1 menit di pantai saja kulit seperti mau terbakar.

Foto menunjukkan bahwa Dubai sepi waktu summer, saya (kanan) tidak menggunakan jemputan pribadi namun nyatanya isi dalam mobil hanya kita berdua jadi serasa jemputan pribadi

Oke langsung saja kita bahas, 7 tempat yang wajib dikungjungi selama di Dubai, dan berapa kira-kira budget yang dibutuhkan untuk ke lokasi tersebut. Saya hanya akan bahas 7 tempat ya, Jika ada tempat yang ingin kamu kungjungi tidak ada dalam daftar silakan tulis pada komentar.

1. Burj Khalifa

Berasa tidak ke Dubai jika tidak berfoto di Burj Khalifa, Tempat ini sekarang menjadi tempat paling banyak dikunjungi wisatawan ketika berkunjung ke Dubai.

Jangan tanya ini kenapa foto berdiri yah, ini fotonya diambil sambil jungkir-balik masih susah mendapatkan foto penuh gedungnya.

Di kawasan Lokasi ini berkumpul, Burj Khalifa, The Dubai Fountain, Dubai Mall menuju lokasi jika menggunakan metro turun di halte Burj Khalifa/Dubai Mall.

Di Burj Khalifa kita bisa naik ke atas gedung namun harus bayar dengan harga bervariasi tergantung peak/off peak hour. Rata-rata harganya antara 100-250 dirgam. x 3600 = 360,000-900,000. Untuk Melihat air mancur joget atau Dubai Fountain tentu saja gratis tinggal datang saja ada dibagian dalam Burj Khalifa dan Dubai Mall.

Di Dubai Mall sendiri, Anda bisa berbelanja dengan sepuasnya karena mall ini kabarnya tidak ada ujungnya alias kamu pasti gempor kalau mau mengelilingi semua bagian mallnya. Semua barang branded ada di Dubai Mall yang super lengkap dan didalam Mall ada aquarium besar (Dubai Aquarium dan Dubai Underwater zoo) yang bisa kamu nikmati gratis dari depannya saja dengan ada batasan pagar jika mau berfoto, kalau mau foto full berdekatan dengan aquarium masih harus bayar lagi dan bisa menikmati Underwater zoo.

 

2. Burj Al Arab

Hotel bintang tujuh satu-satunya di Dunia ada di Dubai yaitu Burj Al Arab. Burj Al Arab di desain oleh Tom Wright. Sedikit Hiperbola memang karena sistem peringkat hotel pada dasarnya hanya sampai bintang lima, namun Burj Al Arab berani menjamin bahwa hotelnya memiliki beberapa fasilitas yang tidak dimiliki oleh hotel lain diseluruh Dunia, seperti : Memiliki pantai pribadi. Memiliki hely pad yang bisa digunakan bermain tenis. Memiliki atrium lobi tertinggi di dunia setinggi 180 meter. Menjadi satu-satunya hotel tertinggi di Dunia yang gedungnya full dijadikan hotel.

Teman-teman harus merogohh kocek sekitar 18 jutaan untuk bisa menginap di hotel ini dalam semalam, tentu harga berubah-rubah mengikuti peak-season watu liburan.

 

3. Dessert Safari

Berpetualangan di gurun pasir melalui dessert safari wajib kamu coba, selain sangat seru juga memberikan pengalaman unik sendiri karena tidak akan bisa kita dapatkan jika liburan ke negara lain.

Untuk mengikuti paket ini tinggal ikut paket tour saja silakan googling di Internet atau bisa mendaftar di hotel atau bandara ketika kita sampai di Dubai, sudah banyak sekali agen wisata yang menyediakan paket dessert safari ini.

Dessert safari biasanya hanya akan dilakukan pada sore hari untuk mengejar moment sunset, dan dini hari untuk mengerjar sunrise. Paket sudah termasuk diantar jemput ke hotel, dessert safari dengan fantasi off road memutar-mutar di padang pasir yang dijamin membuat Anda mual (tidak rekomendasi untuk ibu hamil dan orang yang gampang mabuk darat), diajak ke camp dessert safari untuk menikmati pertunjukan lokal khas Dubai (Belly dancing, henna painting dan barbeque serta unlimited soft drink gratis). Perjalanan jika di total membutuhkan waktu sekitar 6 jam, Berangkat jam 3 sore dan sampai hotel lagi sekitar jam 9 malam.

Biaya : 150 Dirgam x 3,500 = Rp 525,000
(cari terus sampai kamu dapat paket lebih murah dari ini)

Rata-rata agen memberikan fasilitas untuk bayar ditempat pada waktu kita dijemput, jadi jangan sampai bayar duluan, selain untuk menghindari penipuan juga berguna jika kita membatalkan pesanan karena suatu hal.

 

4. Palm Jumeira

Mengunjungi palem jumeira menjadi petualangan menarik yang wajib kita telusuri, sebuah pantai buatan yang membentuk pohon palm. Untuk mengambil foto seperti pada gambar ini sendiri, teman-teman harus mengikuti paket Helikopter Tour Dubai. Siapkan nyali melayang di udara dan keberanian extra tinggi untuk bisa menikmati momen indah ini.

Saya sendiri ketika ke Dubai karena sedang summer jadi hanya mengambil paket mengelilingi palm Jumeira dengan biaya 100 dirgam.

Untuk paker helikopter tour dubai sendiri biaya dipatok 1000 dirgam, mahal juga ya bro, untuk waktu itu gue lagi summer jadi nggak tergoda setan untuk menikmati paket ini. Coba kalau sedang winter dimana udara sejuk, bisa pinjem uang bang titil gue untuk menikmati paket ini.

5. Dubai Museum

Mengenal Dubai lebih dalam melalui Dubai museum, seluk beluk dan sejarah Dubai ada dalam Dubai Museum. Cocok sekali untuk kamu yang menyukai sejarah dan tour masa lampau. Kalau saya sendiri boring sekali menikmati pertunjukan-pertunjukan seperti museum dan teman-temannya museum.

Untuk pergi ke museum cukup ikut paket Dubai City Tour saja, Dubai Museum sudah ada didalm paketnya, biaya masu museum juga akan dibayarkan oleh agen travel yang kita ikuti harga sudah included.

Harga sekitar 100 Dirgam, sudah bisa mengelilingi seluruh kota Dubai dalam sekejab. Nah nanti jika kita merasa ada yang kurang explore tinggal datang lagi sendiri deh. Jadi lumayan mempercepat kita untuk mencoret bucket list kita selama di Dubai.

6. Dubai Mall & Mall Of Emirates

Tidak lengkap ke Dubai jika tidak berbelanja ke Dubai Mall dan Mall of Emirates. Memang terasa ada yang kurang jika traveling namun tidak berbelanja. Hehe… Kedua Mall ini letaknya berada di pusat kota, tinggal menggunakan metro dengan satu jalur untuk menuju ke pusat perbelanjaan ini.

Dubai Mall sendiri sangat diuntungkan karena satu lokasi dengan Burj Khalifa, pusat perbelanjaan yang lengkap buka dari jam 10.00 am – 01.00 am. Hampir semua brand produk terkenal ada disini, souvenir-souvenir khas Dubai juga banyak di jual disini.

Namun ingat setiap belanja harus jeli, menurut saya Dubai Mall hanya cocok jika kita membeli produk dengan brand tertentu yang memang tidak ada di Indonesia, karena harganya lumayan cukup mahal. Manfaatkan hanya berbelanja produk yang sedang SALE saja agar kita bisa berhemat. Untuk pembelian souvenir sendiri saya sangat sarankan jangan sampai tergiur untuk membeli di sini, hanya membahasnya di artikel lain tentang belanja di Dubai dimana harga souvenir jauh sekali lebih murah dengan harga pas tanpa perlu menawar.

Mall Of Emirates sekelas dengan Dubai Mall dengan konsep perbelanjaan mewah yang sama dimana menurut saya tidak ada bedanya di antara keduanya tinggal dari kamunya harus pintar dan jeli membanding-bandingkan harganya.

Mall of Emirates sendiri buka dari jam 10.00 – 00.00 berisi sekitar 7,1 juta pertokoan, memiliki ski indor pertama di Timur Tengah

7. Dubai Marina

Dubai awalnya adalah negara nelayan, dengan semakin berkembangnya dan modern kota Dubai mereka tidak melewatkan untuk menjadikan kota mereka sebagai kota nelayan dengan berbagai wisata buatannya di Dubai Marina.

Dubai Marina sendiri adalah konsep wisata menikmati keindahan kota Dubai melalaui laut atau jalur-jalur air ang telah di rancang sedemikian rupa dengan view kota Dubai yang Indah.

Harga paket berkiar sekitar 200 dirgam, kita akan dibawa berkeliling Dubai Marina dengan menggunakan perahu, biasanya tour akan dilaksanakan pada malam hari dengan durasi lama tour berkisar 3 jam. Jangan lewatkan menikmati sisi keindahan lain Dubai melalui Dubai Marina

FAQ

Sebaiknya waktu yang baik berkunjung ke Dubai bulan apa?

  • Berkunjunglah pada waku Desember-Februari pada saat winter. Namun bulan ini adalah peak season jadi jangan kaget jika harga-harga paket dan hotel cenderung akan lebih mahal.

Berapa lama sebaiknya berkunjung ke Dubai

  • Menurut saya waktu paling ideal tentu seusai dengan visa 96 jam. Selain hemat biaya pengurusan visa, 4 hari (termasuk perjalanan) saya rasa cukup untukmenikmati Dubai

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk Kunjungan ke Dubai?

  • Duit, duit dan duit

Mas saya muslim, gampang gak cari tempat sholat disana?

  • Gampang banget tapi nggak sebanyak di Indonesia sih… hehe

Ada menu masakan nasi tidak di Dubai?

  • Untuk nasi banyak dan murah yaitu Nasi Briyani khas Arab, biasanya jika kamu yang pernah umroh pasti tahu dengan menu nasi ini. Harganya juga cukup bersahabat hanya 10 dirgam sudah menu raksasa dijamin jika kamu Indonesia asli tinggal beli di bungkus bisa dipakai menu makan 3x sehari.

 

Saksikan video singkat tentang Dubai ulasan dari Expedia

Westfield, London