in

7 Tips Sukses dari Walikota Bandung Ridwan Kamil

Beberapa minggu yang lalu saya menyempatkan diri hadir di acara Super Mentor – 14. Dimana kebetulan salah satu pembicaranya adalah Walikota Bandung Ridwan Kamil. Saya sudah lama mengamati perjalanan karir beliau, terkesan perjalanan karier yang mulus tanpa hambatan dan semakin populer belakangan ini sebagai Walikota Bandung yang gaul, duta jomblo dan lucu namun tentu ditengah perjalanan hidup tidak selalu naik, beliau juga mengalami pasanga surut kehidupan.

Dari materi yang disampaikan beliau dengan jenaka namun tidak mengurangi esensinya, Saya menangkap ada 5 tips sukses untuk kalangan muda agar bisa mengikti jejak beliau. Dan berikut adalah tips-tips tersebut.

1. Visionary (Visioner)

Visionary  merupakan hal yang sangat penting. Sebelum melakukan sesutum kita harus mengetahui visi dan tujuan yang akan kita capai, Sehingga semua yang kita lakukan akan jelas dan tidak sia-sia. Kita juga harus selalu menyiapkan strategi baru untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Innovative (Inovatif)

Jiwa inovatif disini adalah bagaimana agar kita dapat berfikir out of the box. Sebagai calon entrepreneur sukses, kita harus belajar untuk memiliki pandangan kreatif yang berbeda dari orang lain. Sebagai contoh, ketika orang lain berfikir A, kita harus belajar untuk berfikir Z. Memikirkan sesuatu yang unik, kreatif, dan berbeda.

3. Risk Taker (Pengambil Resiko)

Ketika kita memulai sesuatu, kita harus berani mengambil resiko. Seorang entrepreneur yang baik, kita harus berani mengambil resiko yang telah dipikirkan sebelumnya.

4. Strong Leadership (Kepemimpinan Yang Kuat)

Apabila kita memiliki rasa kepemimpinan yang tinggi, kita dapat memberikan contoh yang baik, dan memotivasi tim kita agar bisa mencapai hasil yang lebih baik.

5. Problem Solver (Pemecah Masalah)

Untuk menjadi entrepreneur, kita harus bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi. Bukan berarti egois dan memutuskan segalanya sendiri, kita tetap mendengar pendapat orang lain, tetapi disini, kitalah yang harus menyelesaikan masalah tersebut.

6. Agent of Change in Developing The World

Yang dimaksud agent of change adalah, kita harus membantu melakukan perubahan, yang dapat membangun dunia menjadi dunia yang lebih baik.

7.  Networking is Everything

Dalam segala hal, networking  merupakan hal yang paling penting. Untuk itulah kita harus pintar-pintar membangun networking. Networking yang baik akan memperlancar jalan kita dan membawa kita ke bisnis yang baik dan sukses.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *