Cerita Singkat Transit di Singapore, Nggak Akan Coba Lagi


848
848 points

Singapore,.. Apa saja yang bisa kamu lakukan di singapore? semua ulasan website traveler pasti mejawab banyaakkkk dan berbagai macam cerita yang menarik. Oke, karena sudah banyak saya mau mengulas hanya pengalaman saya saja selama di Singapore.

Sesuai dengan tagline dalam gambar, transit Singapore dimana artinya kunjungan saya tidak lama di singapore, Ya bisa dihitung-hitung hanya semalam saja. hahaha, hanya semalam mau berkesan bro… hehe

Berikut adalah 7 kesialan gue selama di Singapore, semoga tidak terjadi pada teman-teman dengan membaca pengalaman saya.

 

1. Salah Memilih Penerbangan

Kesialan pertama sudah terjadi ketika berada di Indonesia yaitu ketika menggunakan penerbangan murah Air Asia tanpa bagasi (Ya elah itu sial atau baru pertama kali naik pesawat sampai nggak baca detail tentang bagasinya.). Ternyata tiket yang saya beli tanpa bagasi dan lebih parahnya transit saya di Singapore itu adalah tujuan mau ke London, ya mau ke London lama tahu sendiri barang bawaannya seabrek-abrek. Alhasil gue di charge 800,000 (ala ala harga tiketnya saja cuma 500,000 jadi mahalan bagasinya gini).

Pengalaman pertama ini langsung nggak pingin lagi menggunakan pesawat dengan jargon promo tersebut. Udah pertama masuk pesawat ada di tengah-tengah bandara jadi harus naik bus dulu lalu jalan kaki di tengah bolong dengan kondisi panasnya jakarta. Lalu didalam pesawat boro-boro dikasih air atau ngimpi bakal dikasih makan, yang ada malah mereka sibuk tang ting tung… tang ting tung jualan makanan kayak di stasiun-stasiun. Lengkap lengkap penderitaan awak.

 

2. Bandara Changi airport

Sampai di Changi Airport, konon katanya bandara tersohor di kawasan Asia tenggara. Bandaranya emang bagus, menarik dengan berbagai hiasan yang bermacam-macam dan berbeda-beda disetiap gadenya untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di Bandara ini.

Kondisi lengkap Bandara Changi lebih lengkap saya buat ulasan tersendiri, sekalian tips buat teman-teman agar tidak tersesat dan gampang memahami bandara Changi yang super besar ini. Sekalian menikmati keindahan arsitektur Bandara.

Akses wifi juga gratis di Changi, hanya perlu login lalu memasukkan nomor telepon dan akan di kirim kode verifikasi ke telp serta berikutnya kita tinggal input kode yang telah di sms. Was wis wus kamu sudah bisa Internetan, nanti di hotel kita tinggal menggunakan wifi hotel. Jadi, saya pikir tidak perlu berlangganan Internet selama di Singapore.

—-

Masih ada minusnya juga, konon bandara Changi ini tidak begitu bersahabat dengan muslim apalagi jika ada muslim yang bernama muhammad dan tampang kearab-araban bisa dianggap teroris dan bisa mendapatkan perlakuan yang berbeda dengan pemeriksaan yang lebih detail dan lama. Saya sendiri Alhamdullilah melenggang dengan nyaman bahkan tidak diperiksa dan ditanya-tanya sama sekali cuma lewat pemeriksaan metal detektor saja dan disuruh pergi. Namun Ayah saya diperiksa sampai detail dan barang-barang di tasnya dikeluarkan semua satu-persatu. Tapi jangan khawatir asal kita tidak ada niat jahat dan masalah apa-apa atau membawa barang-barang yang terlarang, pasti aman dan lolos meski agak sedikit jengkel… hehe

 

3. Transportasi

Moda transportasi di Singapore cukup lengkap, nyaman, dan murah. Dari Bandara Changi sendiri cukup naik MRT menuju central city dengan harga sekitar 2,5 dollar Singapore. Hotel tempat saya menginap tepat disamping stasiun MRT jadi begitu turun tinggal jalan dikit dan masuk hotel.

Memahami jurusan MRT sendiri cukup mudah, dari Bandara hanya ada satu jalur jadi naik jalur sebelah kiri dan kanan sama saja, tinggal nanti jurusan akhir kamu mau berhenti dimana, perlu transit atau tidak. Jika jurusan kamu adalah central city yang dekat-dekat Merlyon Park, Marina Bay nanti cukup transit sekali di Tanah Merah dan cari rute sesuai jurusan terakhir kamu.

 

4. Money Changer

Sewaktu di Bandara Changi saya susah sekali menemukan money changer karena waktu itu saya hanya membawa uang dollar Amerika dan Poundsterling. Alhasil muter-muter tetap nggak ketemu. Sekalinya tanya petugas lokasinya jauh sekali on the first floor and then turn left on the first side an then… (intinya mau bilang di lantai satu belok kiri dan kiri lagi kok ribet amat ya). Tetapi tenang Singapore masih Asia Tenggara bro, tinggal ke atm saja sih ambil deh di atm yang ada logo di atm kita (saya juga baru kepikiran setelah capek muter-muter – kesialan kedua). Usahakan biar nggak kecele pilih bank international yang cabangnya juda ada di Indonesia. Nilai tukar rupiah normal seperti update di data banknya dan waktu itu saya menggunakan atm Mandiri dikenakan potongan sekali ambil Rp 20,000.

 

5. Hotel

Hotel biar ribet nggak kena charge nilai tukar rupiah yang tinggi ke dollar Singapore mending beli di aplikasi hotel Indonesia aja, lagian banyak promonya juga di website itu dulu, traveling kemudian…

Saya sendiri pada waktu itu menggunakan booking.com niatnya mau bayar di tempat. Tetapi setelah sampai di tempat mungkin karena saya pesan terlalu mendadak katanya harga kamar sudah berubah (kesialan ketiga)

 

6. Makanan

Masalah makanan seperti kamu tidak perlu khawatir bagi yang tidak pernah bisa meninggalkan namanya Nasi. Masakan Padang banyak dan menu pilihan nasi juga masih banyak. Jadi masih berasa di Indonesia, jika nggak betah tinggal nyebrang aja ke batam untuk makan nasi. hahaha

 

7. Tempat Wisata

Kalau masalah tempat wisata di malaysia apa saja seperti tidak perlu dijelaskan ya… haha kalau googling pasti banyak banget. Langsung menuju saja Merlyon park, Marina bay, Universal Studio


What's Your Reaction?

Happy Happy
0
Happy
Sedih Sedih
0
Sedih
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format