in

Jimmy Wales & Situs Pintarnya

Wales Kecil semasa sekolah

Jimmy wales membuat orang pintar dengan cara berbeda, pria kelahiran Wales dengan nama lengkap Jimmy Donal “Jimbo” lahir  7 Agustus 1966; umur 47 tahun) adalah pendiri dan anggota dari Yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba yang mengoperasikan proyek-proyek Wikipedia.

Wales dilahirkan di Huntsville, Alabama. Ayahnya adalah manajer toko kelontong, sementara ibunya, (Doris) dan neneknya (Erma) mengurus suatu sekolah swasta kecil yang berupa “sekolah tradisional dengan satu ruang kelas” [1]. tempat Wales bersekolah. Karena jumlah murid yang sekelas dengannya selalu hanya empat anak, pihak sekolah menyatukan murid-murid kelas satu hingga kelas empat, dan kelas lima hingga kelas delapan.

Setelah lulus kelas delapan, Wales masuk Randolph School, suatu sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi, yang merupakan pendukung awal gerakan penggunaan laboratorium komputer dan fasilitas teknologi lainnya untuk digunakan oleh para siswa. Wales mengatakan bahwa biaya bersekolah di sana terlalu mahal untuk keluarganya, tetapi pendidikan dianggap penting. “Keluarga saya selalu mementingkan pendidikan … suatu pendekatan yang sangat tradisional terhadap pendidikan sebagai landasan kehidupan yang baik.” Ia menerima gelar sarjana dalam bidang keuangan dari Universitas Auburn dan melanjutkan pendidikannya di bidang keuangan pada Universitas Alabama dan memperoleh gelar master dalam bidang keuangan. Setelah itu, ia mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana. Selama menjadi mahasiswa pasca-sarjana, ia mengajar di kedua universitas itu, tetapi ia tidak mengerjakan disertasi yang dibutuhkan untuk memperoleh gelar Ph.D

 

Jimmy Wales & Wikipedia

jimmiwales

Wikipedia, sebuah situs dengan pengguna mencapai 400 juta orang di seluruh dunia. Situs yang unik karena semua orang bisa saling bertukar informasi dan pengetahuan. Setelah mencari di Google, saya pikir bertanya pada Wikipedia juga merupakan hal yang paling akurat untuk mendapatkan informasinya sebenarnya.

Seperti dilansir oleh Jimmy Wales dalam www.wikimediafoundation.org, 10 tahun yang lalu awalnya banyak orang mencibir ketika Jimmy share tentang wikipedia. Wikipedia denagn visinya menjadi tempat berkumpulnya orang-orang di seluruh dunia secara sukarela untuk berbagi pengetahuan, hanya dengan tujuan untuk sharing. Tidak ada iklan, tidak ada maksud yang tersembunyi.

Jimmy Wales mengatakan bahwa wikipedia adalah Community Creation, di mana orang-orang secara sukarela menulis artikel dan membaginya ke seluruh komunitas pengguna wikipedia. Setiap penulis di wikipedia adalah bagian dari komunitas wikipedia.

Value wikipedia adalah menyebarkan pengetahuan ke seluruh dunia tetapi dengan source dari berbagai sumber/penulis dengan berbagai latar belakang, sehingga pengetahuan yang dibagikan semakin beragam dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *