in

Lagu Marvin Gaye “Charlie Puth” Memaksa Kita Lebih Selektif Mendengarkan Lagu

Pertama kali saya melihat video dengan judul Marvin Gaye yang dinyanyikan penyanyi muda yang sedang naik daun lewat lagunya “See You Again” Charlie Puth dalam film Fast and Furioust 7. Kali ini dia berduet bersama penyanyi kenamaan Inggris Megan Trainor.

Video tersebut sudah dilihat hampir 200 juta viewer sampai 1-1-2016. Dengan nada yang asyik membuat saya tertarik untuk mendengarkan. Namun sangat terasa aneh dalam videonya karena adegannya terkesan mesum dan ajakan bercinta sejak dimulai sampai akhir video tersebut berakhir.

Karena terasa aneh, lalu saya mencoba mencari liriknya karena bahasa Inggris saya tidak terlalu fasih. Dan ternyata liriknya pun adalah lirik yang cukup mesum dan ajakan bercinta.

Akhirnya saya mencoba mencari arti dari lagunya tersebut “Marvin Gaye” Dan hasil temuan pertama saya adalah

“…Jangan sekali-kali mencari tahu arti Marvin Gaye ya…” Hasilnya, mungkin banyak orang-orang buka postingan itu dan hanya mendapati kalimat tersebut tanpa dapet apa arti sebenarnya Marvin Gaye itu.

Marvin Gaye = Make Love = Get Laid

Ya, kenapa saya melarang mencarinya karena arti dari istilah Marvin Gaye sendiri adalah melakukan hubungan sex. Namun Marvin Gaye sendiri adalah seorang penyanyi sekaligus pendiri Sound of Motown. Di tahun 1970, dia menciptakan sebuah lagu berjudul “Let’s Get It On”. Menurut para kritikus lagu ini mempunyai sexually suggestive lyrics dan merupakan one of the most sexually charged albums ever recorded.

Dari situlah asal usul istilah Marvin Gaye. Entah kenapa malah nama penyanyinya yang dipakai bukan judul lagunya. Jadi udah tau kan? Nah, lalu gimana menggunakan kata Marvin Gaye? Berikut contohnya yang diambil dari Urbandictionary:

I played some marvin gaye last night when my girl was over, and I got laid. BOING!!!

Dan Charlie Puth, di dalam lagunya, memakainya dengan lebih jelas:

Let’s Marvin Gaye and get it on
You got the healing that I want
Just like they say it in the song

Sejak tahu lagu ini, menyadarkan satu hal pada saya, yaitu kedepan saya harus lebih selektif dalam memilih dan mendengarkan lagu. Apalagi jika ingin menyanyikan ulang ketika sedang santai. Bagaimana kalau sampai orang terdengar orang, sangat memalukan sekali.

Mungkin teman-teman berpikir hanya sekedar lagu, tapi karena ini hanya sekedar lagu. Sangat baik yang sekedar itu kita gunakan untuk lagu-lagu yang berguna tidak seperti lagu ini.

One Comment

Leave a Reply
  1. hehe idem bang, aku jga pas denger pertama denger suka bengd sm lagunya, trus penasaran aku buka videonya. dan sangat menjijikkan liatnya. trus ane search tiap arti lirik lagunya.. dan mendapati hal yg sama dengan ente bang :'(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *