in ,

Mark dan Facebook Si Raksasa Sosial Media

Siapa yang tidak tahu facebook? siapa pula yang tidak punya akun facebook? Situs jejaring sosial Mark Zuckerberg ini masih berstatus sebagai situs jejaring sosial terpopuler di dunia. Meskipun pesaing berat seperti Twiter muncul namun facebook masih menjadi situs yang paling populer dan banyak di akses. Facebook pertama kali diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif.

Awal Mula Berdiri

Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan “The Facebook” yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.

facebook-mark

Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini.[24] Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale.[25] Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.[29] Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.

Perusahaan

Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk,[66] dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft. Menurut comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet, Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft, namun sedikit kurang dari Yahoo!.[67] Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi pengguna.[68] Pada 6 November 2007, Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara “apa yang dibeli teman”.

fb-office

Facebook memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara.[82] Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg memiliki 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%,[83] Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 – 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group kurang dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti masing-masing memiliki kurang dari 1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D’Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, sementara Reid Hoffman dan Mark Pincus memiliki kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dimiliki oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing.[84] Adam D’Angelo,

Fakta Unik Tentang Facebook

  • Pada usia 102 tahun, Ivy Bean dari Bradford, Inggris bergabung dengan Facebook pada usia 108 tahun dan menjadikannya salah satu orang tertua yang terdaftar di Facebook. Sebagai inspirasi bagi penghuni panti jompo tempat ia tinggal, ia langsung dikenal luas dan sejumlah halaman penggemar dibuat untuk menghormatinya. Ia menjumpai Perdana Menteri Gordon Brown dan istrinya, Sarah, di Downing Street pada awal 2010. Beberapa saat setelah membuat halaman Facebook-nya, Bean bergabung dengan Twitter ketika ia mencapai batas jumlah teman yang ditetapkan Facebook. Ia menjadi orang tertua yang menggunakan Twitter. Pada kematiannya bulan Juli 2010, ia memiliki 4.962 teman di Facebook dan lebih dari 56.000 pengikut di Twitter. Kematiannya dilaporkan secara luas di media dan ia menerima penghormatan dari sejumlah tokoh media terkenal.
  • Sebagai respon terhadap kontroversi Everybody Draw Mohammed Day dan dilarangnya Facebook di Pakistan, situs Facebook versi Islam diciptakan dan diberi nama MillatFacebook.
  • “FriendFace”, episode bulan Desember 2008 dari sebuah sitkom Britania, The IT Crowd, memparodikan Facebook dan situs-situs jejaring sosial secara umum.
  • Penulis Amerika Serikat, Ben Mezrich menerbitkan buku pada Juli 2009 mengenai Mark Zuckerberg dan pendirian Facebook yang berjudul The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal.
  • “You Have 0 Friends”, salah satu episode bulan April 2010 dari serial animasi komedi Amerika Serikat, South Park, memparodikan Facebook.
  • The Social Network, film drama yang disutradarai David Fincher mengenai pendirian Facebook dirilis tanggal 1 Oktober 2010. Film ini menampilkan pemain ensembel yang terdiri dari Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg, Andrew Garfield sebagai Eduardo Saverin, Justin Timberlake sebagai Sean Parker, dan Armie Hammer sebagai Cameron dan Tyler Winklevoss. Film ini ditulis oleh Aaron Sorkin dan diadopsi dari buku karya Ben Mezrich tahun 2009, serta didistribusikan oleh Columbia Pictures. Tidak ada anggota staf Facebook, termasuk Zuckerberg, yang terlibat dalam proyek ini. Namun, salah satu pendiri pendamping Facebook, Eduardo Saverin, adalah narasumber bagi buku Mezrich. Mark Zuckerberg mengatakan bahwa The Social Network tidak akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *