in

Tips Aman berbelanja Online, Sebelum Membayar Pastikan Membaca 7 Tips Ini

Tulisan ini saya buat karena sangat banyaknya pertanyaan kepada saya tentang aman atau tidaknya berbelanja online di suatu situs A atau B. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya dan pengamatan saya sejak tahun 2008 sejak mulai saya aktif di dunia online.

Semakin banyaknya tempat penjualan online dan diiringi semakin maraknya kasus penipuan online maka sebelum membeli sebaiknya kita pilih-pilih terlebih dahulu toko online yang kredibel atau jelas-jelas terpercaya. Nah kriterianya apa saja sih. Yuk simak:

1. Pilih Toko Online dengan domain .LTD seperti .com .net atau .id

Kenapa harus di domain .LTD? ini menunjukkan keseriusan dari pemilik toko online karena domain .LTD berbayar biasanya jika orang hanya ingin sekedar menipu mereka malas mengerluarkan uang untuk modal awal.

2. Periksa Kontak Pelanggan

Setiap toko online pasti memberikan nomor telepon agar bisa di hubungi. Untuk memastikan toko online tersebut aman, membelilah di toko online yang memiliki line telp dari telkom. kenapa? karena seperti kita tahu sendiri untuk mendapatkan nomor telp dari telkom tidaklah mudah karena harus ada minimal alamat tinggal tetap dan bisa terlacak berdasarkan kode area toko online tersebut berada di daerah mana

3. Periksa Nomor Rekening Transfer

Kalau saya sendiri langsung percaya jika nomor tujuan transfer adalah nomor rekening bukan atas nama pribadi. Bisa nama perusahaan atau nama yayasan atau komunitas atau yang lebih bagus lagi sesuai dengan nama tokonya.

Pengalaman Saya sendiri sebagai wiraswasta yang telah memiliki usaha berlegalitas merasakan sendiri susahnya dan banyaknya modal yang harus dikeluarkan untuk membuat nama perusahaan sampai dengan nomor rekening bank atas nama perusahaan karena harus disurvei lokasi terlebih dahulu untuk membuka rekeningnya. Jadi saya beranggapan penipu tidak akan mau mengeluarkan biaya untuk hal tersebut.

4. Baca Komentar dari pengalaman pembeli lain

Sebelum membeli di toko buku yang saya anggap asing biasanya saya akan googling terlebih dahulu dan saya tulis tentang toko buku tersebut dengan keyword “keluhan”, “penipuan”, “Tentang”, “Pengalaman berbelanja di Toko A”. Biasanya jika toko tersebut lumayan kredibel dan terpercaya akan ada testimoni dari pembeli lain yang sudah pernah bertransaksi dengan toko tersebut.

5. Stalking Akun Sosmed si Toko

Tips kelima berikut juga lumayan berguna loh, untuk memastikan toko tersebut terpercaya kamu juga bisa melihat dari akun sosmednya. Lihat seberapa aktif si Toko dan terkadang juga ada komentar dari calon pembeli atau mantan pembeli. dari situ teman-teman bisa menilai deh pelayanan si toko.

6. Perhatikan Tampilan Toko Onlinenya

Banyak pepatah yang bilang “Don’t judge book by it’s cover” tapi pepatah ini tidak berlaku untuk toko online, semakin bagus tampilan toko online atau tampilan produk-produk yang dia jual, semakin menunjukan keseriusan dari si penjual. Ingat membuat sesuatu yang bagus itu membutuhkan biaya dan waktu yang mahal.

7. Berbelanja di Toko Online Pihak ketiga

Tips paling terakir jika kamu masih ragu, mencobalah berbelanja pada toko online pihak ketiga seperti tokopedia, bukalapak. Kenapa dipastikan aman? karena proses pembayaran tidak langsung ke penjual melainkan melalui pihak ketiga tersebut. Dijamin 99% penipu tidak ada pada kategori ini karena mereka tidak akan menerima uang sampai barang benar-benar kamu terima.

Saya rasa dengan Tips Aman berbelanja Online, Sebelum Membayar Pastikan Membaca 7 Tips Ini diatas teman-temanĀ akan bisa terhindar dari penipuan oleh toko online. Sekedar tips hindari membeli barang secara online dalam jumlah besar dan transfer ke toko online dengan rekening transfer pribadi. Jika penjual adalah perorangan selalu usahakan untuk melakukan COD, kasus penipuan sering terjadi dalam penjualan gadget seprti hp, laptop dll.

Teman-teman ada pengalaman tertipu oleh toko online silakan berkomentar ya siapa tahu bisa dibaca yang lain dan bisa menghindari temen-temen kita yang lain tertipu

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *