Whatsapp Aplikasi pesan lintas platform yang wajib kamu install


854
4 comments, 854 points

Whatsapp

Dewasa ini siapa yang tidak mengenal whatsapp? atau Smartphone siapa yang tidak di Install Whatsapp? Ya, Kali ini kami ingin mengulas tentang aplikasi pesan lintas platform yang sangat terkenal yang sudah di unduh lebih dari 500.000.000 di Play Store (24 Maret 2014). Jadi kami rasa tepat jika kami bilang Whatsapp Aplikasi pesan lintas platform yang wajib kamu install.

WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone, WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Awalnya, WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone dan Symbian.

WhatsApp ini mengandalkan koneksi internet melalui jaringan GPRS/EDGE/3G atau wifi untuk menjalankannya. Aplikasi WhatsApp ini tidak keluar (quit) saat tidak ada koneksi internet. Anda dapat melihat kontak maupun perbincangan dengan teman Anda walaupun tidak ada koneksi internet. Seperti pada BlackBerry Messenger, apabila tidak ada koneksi internet, Anda tetap dapat membuka aplikasi tersebut tapi saat Anda coba untuk mengirim pesan, terdapat tanda jam yang menandakan pesan Anda ditunda pengirimannya sampai terdapat koneksi internet.

 

WhatsApp menggunakan Nomer HP sebagai PIN

Berbeda dengan BlackBerry Messenger yang menggunakan PIN unik untuk menambahkan daftar teman. Di WhatsApp untuk menambahkan teman, no hp teman Anda yang diperlukan. Menariknya, Anda tidak perlu menambahkan teman di dalam aplikasi WhatsApp tersebut. Cukup isi daftar Phonebook Anda dengan teman Anda beserta no hp nya, dan lakukan sinkronisasi dengan menekan tombol refresh di option saat berada di daftar teman (+).

Nah, apabila teman Anda terdaftar menggunakan no HP tersebut, WhatsApp akan mencarinya sendiri dan menampilkan teman Anda langsung di daftar panggilan. Saat pertama kali menginstallnya, Anda akan mendapatkan daftar kontak WhatsApp yang terisi secara otomatis. WhatsApp langsung mengambil data di phonebook dan melakukan sinkronisasi dengan server. Apabila no hp teman Anda terdaftar di WhatsApp, otomatis aplikasi ini akan mengenalnya.

 

Kelebihan WhatsApp

 

1. Tidak Hanya Sekedar Teks

WhatsApp memiliki fitur untuk kirim Gambar, Video, Suara, dan Lokasi GPS. via hardware GPS atau Gmaps. Media langsung ditampilkan dan bukan berupa link.

kirim gambar via whatsapp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Terintegrasi ke dalam sistem

WhatsApp layaknya sms, tidak perlu buka applikasi untuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan masuk, ringtone, dan getar. Ketika HP sedang off, pesan akan tetap disampaikan ketika jika HP sudah ON

whatsapp pesan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Status Pesan.

Fitur favorit di BBM. Akan ada empat icon yang muncul dan menjelaskan status pesan.

– Jam Merah untuk Proses loading di HP kita
– Tanda Centang jika pesan terkirim ke jaringan
– Tanda centang double jika pesan sudah terkirim ke teman chat.
– Silang merah jika pesan gagal

4. Broadcast dan Group Chat
Broadcast untuk kirim pesan ke banyak pengguna. Group chat untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.

broadcast bbm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Hemat Bandwidth

Karena terintegrasi dengan sistem, maka tidak perlu login dan loading contact/avatar, sehingga transaksi data makin irit. App dapat dimatikan, dan hanya aktif jika ada pesan masuk, sehingga bisa menghemat battery.

Aplikasi ini adalah BBM jadi harusnya walau dimatikan tetap aktif di process dan tetap connect ke internet Tapi jangan khawatir, karena pulsa yang dibutuhkan untuk standby hanya 10kb/jam, kalau di Nokia 30kb/12 jam.

 

INSTALL WHATSAPP

Sebelum menggunakan WhatsApp anda harus mengisntall WhatsApp dengan cara sebagai berikut:

1. Download aplikasi tersebut Play Store.

2. Install aplikasi tersebut ke smartphone.

3. Daftarkan nomor telepon anda tanpa menggunakan 0 atau format internasional karena WhatsApp menggunakan nomor telepon anda untuk mendaftar anda dalam databasenya.

4. Aplikasi kemudian akan mengirimkan kode konfirmasi via SMS yang mengharuskan Anda untuk mengisikan kode konfirmasi tersebut ke langkah selanjutnya. Setelah Anda mengkonfirmasi nomor telepon Anda, Anda siap untuk menggunakannya.

5. Aplikasi WhatsApp akan secara otomatis mendata phonebook untuk menunjukkan siapa-siapa saja yang sudah menggunakan WhatsApp. Untuk mengetahui siapa saja yang sudah masuk ke daftar, tekan pada tab contact. Mereka yang menggunakan WhatsApp akan memiliki status disamping nama mereka.

6. Mulailah perbincangan dengan teman-teman anda yang menggunakan WhatsApp dengan mengklik nama tersebut.

7. Anda dapat juga mengundang teman Anda untuk menggunakan WhatsApp aplikasi dengan menggunakan invite friends


What's Your Reaction?

Happy Happy
0
Happy
Sedih Sedih
0
Sedih
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

4 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format