Joomla, Apa Sejarah dan PenggunaanNya


828
828 points

Joomla adalah sebuah kerangka kerja manajemen konten gratis dan open source untuk mempublikasikan konten web . Hal ini dibangun di atas kerangka aplikasi web model-view -controller yang juga dapat digunakan secara terpisah .

Joomla ditulis dalam PHP , menggunakan pemrograman ( OOP ) teknik berorientasi objek ( sejak versi 1.5 ) dan pola desain perangkat lunak, menyimpan data dalam MySQL , MS SQL ( sejak versi 2.5) , atau PostgreSQL ( sejak versi 3.0 ) database, dan termasuk fitur seperti cache halaman , RSS feed , versi cetak halaman , berkedip berita , blog, jajak pendapat , pencarian , dan dukungan untuk internasionalisasi bahasa.

Pada Juli 2013, Joomla telah didownload lebih dari 35 juta kali.  Lebih dari 6.000 ekstensi gratis dan komersial yang tersedia dari Joomla resmi! Direktori ekstensi, dan lebih banyak tersedia dari sumber lain. Hal ini diperkirakan menjadi kedua yang paling banyak digunakan sistem manajemen konten ( CMS ) di Internet setelah WordPress.

Sejarah

Joomla adalah hasil dari sebuah garpu dari Mambo pada 17 Agustus 2005. Pada saat itu , nama Mambo adalah merek dagang oleh Miro International Pvt . Ltd , yang membentuk sebuah yayasan non -profit dengan tujuan menyatakan pendanaan proyek dan melindunginya dari tuntutan hukum. Tim pengembangan Joomla mengklaim bahwa banyak ketentuan struktur pondasi pergi menentang perjanjian sebelumnya yang dibuat oleh Mambo terpilih Komite Pengarah , kekurangan konsultasi yang diperlukan dengan stakeholder kunci dan termasuk ketentuan yang melanggar nilai-nilai inti open source.

Joomla pengembang membuat sebuah situs web yang disebut OpenSourceMatters.org ( OSM ) untuk mendistribusikan informasi kepada pengguna , pengembang, desainer web dan masyarakat pada umumnya . Pemimpin proyek Andrew Eddie menulis surat yang muncul di bagian pengumuman forum publik di mamboserver.com. Sedikit lebih dari seribu orang telah bergabung OpenSourceMatters.org dalam sehari , sebagian besar kata-kata dorongan dan dukungan posting, dan situs web menerima efek Slashdot sebagai hasilnya . CEO Peter Lamont Miro memberikan respon masyarakat terhadap tim pengembangan dalam sebuah artikel berjudul ” The Mambo Open Source Kontroversi – 20 Pertanyaan Dengan Miro ” Acara ini menimbulkan kontroversi dalam komunitas perangkat lunak bebas tentang definisi ” open source ” .  Forum di banyak proyek open source lainnya yang aktif dengan postingan dan menentang tindakan kedua belah pihak .

Dalam dua minggu setelah pengumuman Eddie , tim re-organisasi yang , dan masyarakat terus tumbuh . Eben Moglen dan Software Freedom Law Center ( SFLC ) dibantu Joomla tim inti awal bulan Agustus 2005, seperti yang ditunjukkan oleh entri blog Moglen itu dari tanggal tersebut dan pengumuman OSM terkait. SFLC terus memberikan bimbingan hukum untuk proyek Joomla.

Pada tanggal 18 Agustus , Andrew Eddie meminta masukan masyarakat terhadap nama yang diusulkan untuk proyek tersebut . Tim inti mengindikasikan bahwa mereka akan membuat keputusan akhir untuk nama proyek berdasarkan masukan masyarakat. Tim inti akhirnya memilih nama yang tidak ada dalam daftar nama yang diusulkan diberikan oleh masyarakat . Pada tanggal 22 September, nama baru, ” Joomla !, ” Diumumkan . Ini adalah ejaan Anglicised dari Swahili yang berarti jumla kata ” bersama-sama ” atau ” secara keseluruhan ”  yang juga memiliki arti yang mirip dalam setidaknya Arab dan Urdu. Pada tanggal 26 September , tim pengembangan yang disebut untuk pengajuan logo dari masyarakat dan mengundang masyarakat untuk memilih pada logo , tim mengumumkan keputusan masyarakat pada tanggal 29 September. Pada tanggal 2 Oktober , pedoman merek, manual merek, dan satu set sumber daya logo diterbitkan untuk digunakan masyarakat .

 

Joomla memenangkan Packt Publishing Open Source Content Penghargaan Sistem Manajemen pada tahun 2006 , 2007 , dan 2011 .

Pada tanggal 27 Oktober 2008, Packt Publishing mengumumkan bahwa Johan Janssens adalah ” Paling Terhormat Person” ( MVP ) , untuk karyanya sebagai salah satu pengembang utama dari Framework 1,5 Joomla dan Arsitektur . Pada tahun 2009 Louis Landry menerima ” Paling Terhormat Person” penghargaan untuk perannya sebagai arsitek Joomla dan koordinator pembangunan.

Penyebaran

Seperti banyak aplikasi web populer lainnya , Joomla dapat dijalankan pada LAMP stack. Banyak web host memiliki panel kontrol yang memungkinkan untuk instalasi otomatis dari Joomla . Pada Windows , Joomla dapat diinstal dengan menggunakan Microsoft Web Platform Installer , yang secara otomatis mendeteksi dan menginstal dependensi yang hilang, seperti PHP atau MySQL . [ 39 ]

Joomla mendapat dukungan kuat di web dari host yang mengkhususkan diri dalam atau mendukungnya . Banyak situs web memberikan informasi tentang cara menginstal dan memelihara situs Joomla .
Joomla template

Sebuah Joomla template adalah ekstensi Joomla multifaset yang bertanggung jawab untuk tata letak , desain dan struktur dari sebuah situs Joomla bertenaga . [ 40 ] Sementara CMS sendiri mengelola konten, template mengelola tampilan dan nuansa dari elemen konten dan desain keseluruhan dari website berbasis Joomla . Isi dan desain template Joomla terpisah dan dapat diedit , diubah dan dihapus secara terpisah .

Template adalah di mana desain layout utama untuk situs Joomla diatur . Ini termasuk di mana pengguna menempatkan unsur-unsur yang berbeda ( komponen , modul , dan plug-in ) , yang bertanggung jawab untuk berbagai jenis konten . Jika template dirancang untuk memungkinkan kustomisasi pengguna , pengguna dapat mengubah penempatan konten di situs , e . g . , menempatkan menu utama di sisi kanan atau kiri layar .

Joomla ekstensi

Joomla ekstensi membantu memperpanjang kemampuan website Joomla . Ada lima jenis ekstensi untuk Joomla : Komponen , Modul , Plugin , Template , dan Bahasa . Setiap ekstensi tersebut menangani fungsi tertentu .

Komponen: Ekstensi terbesar dan paling kompleks dari mereka semua , mereka dapat dilihat sebagai aplikasi mini . Sebagian besar komponen memiliki dua bagian : bagian situs dan bagian administrator . Setiap kali sebuah beban halaman Joomla , salah satu komponen yang dipanggil untuk membuat badan halaman utama . Komponen adalah bagian utama dari halaman karena komponen didorong oleh item menu dan setiap item menu menjalankan komponen .

Plugin: Ini adalah ekstensi yang lebih maju dan , pada dasarnya , event handler . Dalam pelaksanaan setiap bagian dari Joomla , modul atau komponen , acara dapat dipicu . Ketika peristiwa dipicu , plugin yang terdaftar dengan aplikasi untuk menangani acara yang mengeksekusi . Sebagai contoh, sebuah plugin dapat digunakan untuk memblokir artikel pengguna-diserahkan dan menyaring kata-kata buruk .

Template: Jelaskan desain utama website Joomla dan ekstensi yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan situs. Pengguna akan melihat modul dan komponen pada template . Mereka disesuaikan dan fleksibel . Template menentukan “gaya ” dari sebuah situs web .

Modul: halaman Rendering fleksibel di Joomla membutuhkan ekstensi modul , yang kemudian dikaitkan dengan komponen Joomla untuk menampilkan konten baru atau gambar baru. Modul Joomla terlihat seperti kotak – seperti “search ” atau “login ” modul . Namun, mereka tidak memerlukan html ke Joomla untuk bekerja .

Bahasa: ekstensi Sangat sederhana yang bisa digunakan sebagai bagian inti atau sebagai ekstensi . Informasi Bahasa dan font yang juga dapat digunakan untuk PDF atau PSD ke Joomla konversi .

Contoh situs yang menggunakan Joomla

Komunitas Resmi Showcase Sebuah direktori contoh situs di Joomla resmi! situs .
Linux.com
iTWire.com
ComputerNetworkingNotes.com
Peugeot.com


What's Your Reaction?

Happy Happy
0
Happy
Sedih Sedih
0
Sedih
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format