banner
banner

Kaya Dengan Bersedekah Ala Yusuf Mansur

42279

Yusuf Mansur

Kaya Dengan Bersedekah Ala Yusuf Mansur, Ustadz Yusuf Mansur lahir dari keluarga Betawi yang berkecukupan pasangan Abdurrahman Mimbar dan Humrif’ah dan sangat dimanja orang tuanya. Lulusan terbaik Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol, Jakarta Barat, tahun 1992 ini pernah kuliah di jurusan Informatika namun berhenti di tengah jalan karena lebih suka balapan motor.

Pada tahun 1996, YM panggilan akrab Yusuf Mansur terjun di bisnis Informatika. Sayang bisnisnya malah menyebabkan ia terlilit utang yang jumlahnya miliaran. Gara-gara utang itu pula, Ustadz YM merasakan dinginnya hotel prodeo selama 2 bulan. Setelah bebas, Ustadz Yusuf kembali mencoba berbisnis tapi kembali gagal dan terlilit utang lagi. Cara hidup yang keliru membawa Ustadz Yusuf kembali masuk tahanan pada 1998.

Saat itu saya lupa dan jauh dari Allah. Dampak dari itu luar biasa,” ucap Ustad Yusuf Mansur. Di penjara yang kedua, Yusuf mendekam di bui selama 14 hari. Hari-hari Yusuf terasa berat di dalam penjara. Satu hari di dalam penjara, Ustad Yusuf merasakan rasa lapar yang amat sangat. Maklum seharian belum makan, jatah makanan tidak ada. Di dekat tempat duduknya, Ustad Yusuf melihat sepotong roti. Ketika roti akan masuk ke mulutnya, ia melihat segerombolan semut yang tengah mencari makan. “Entah apa yang saya pikirkan saat itu. Yang pasti, saya membagi roti itu menjadi dua bagian, untuk semut-semut dan untuk saya sendiri sambil berharap mereka akan mendoakan saya agar segera mendapatkan makanan. Ajaib! Lima menit setelah itu saya dapat nasi bungkus Padang,” tutur Ustad Yusuf. Petunjuk itu yang membuat hidup Ustad Yusuf Mansur berubah. “Saya yang narapidana bisa mendapatkan manfaat dari berbagi roti dengan semut, apalagi yang sedang bebas di luar,” tandas pria yang menghabiskan masa kecilnya di madrasah ini.

Ustad YMSaat di penjara itulah, Ustadz Yusuf menemukan hikmah tentang shodaqoh. Selepas dari penjara, Ustadz Yusuf berjualan es di terminal Kali Deres. Berkat keikhlasan sedekah pula, akhirnya bisnis Ustadz Yusuf berkembang. Tak lagi berjualan dengan termos, tapi memakai gerobak, Ia juga mulai punya anak buah.

Hidup Ustadz Yusuf mulai berubah saat ia berkenalan dengan polisi yang memperkenalkannya dengan LSM. Selama kerja di LSM itulah, Ustadz Yusuf membuat buku Wisata Hati Mencari Tuhan Yang Hilang. Buku yang terinspirasi oleh pengalamannya di penjara saat rindu dengan orang tua. Takdinyana, buku itu mendapat sambutan yang luar biasa.

Ustadz Yusuf sering diundang untuk bedah buku tersebut. Dari sini, undangan untuk berceramah mulai menghampirinya. Di banyak ceramahnya, ia selalu menekankan makna di balik sedekah dengan memberi contoh-contoh kisah dalam kehidupan nyata.

“Cara saya membedah buku saya dengan bertutur. Ternyata cara ini banyak disukai orang. Dari sini saya sering diundang ceramah,” tutur Ustad Yusuf mengisahkan, pengalamannya meski tak sempat menuntaskan kuliah, Ustad Yusuf bersama dua temannya mendirikan perguruan tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika.

Untuk mengejar hutangnya yang segunung alias milyaran dengan penghasilan yang ngepas Ustadz Yusuf Mansur mulai mengajar diterminal kali deres, mengajarkan sedekah, dengan mengajak orang mempraktekan sedekah maka pahalanya sama dengan jumlah nilai sedekah yang dikumpulkan, nilai pahala yang kekumpul akhirnya dengan izin Allah SWT hutangnya terlunasi dan penghidupannya yang menanjak.

Rasulullah s.a.w. bersabda:
“Barangsiapa yang mengajak ke arah kebaikan, maka ia memperoleh pahala sebagaimana pahala-pahala orang-orang yang mengikutinya, tanpa dikurangi sedikitpun dan dari pahala-pahala mereka yang mencontohnya itu, sedang barangsiapa yang mengajak kearah keburukan, maka ia memperoleh dosa sebagaimana dosa-dosa orang-orang yang mengikutinya, tanpa dikurangi sedikitpun dari dosa-dosa mereka yang mencontohnya itu.” (HR Muslim)

Ustad Yusuf MansurKarier Ustadz Yusuf makin mengkilap setelah bertemu dengan Yusuf Ibrahim, Produser dari label PT Virgo Ramayana Record dengan meluncurkan kaset Tausiah Kun Faya Kun, The Power of Giving dan Keluarga.

Konsep sedekah pula yang membawanya masuk dunia seni peran. Melalui acara Maha Kasih yang digarap Wisata Hati bersama SinemArt, ia menyerukan keutamaan sedekah melalui tayangan yang didasarkan pada kisah nyata.

Ustadz Yusuf juga menggarap sebuah film berjudul KUN FA YAKUUN yang dibintanginya bersama Zaskia Adya Mecca, Agus Kuncoro, dan Desy Ratnasari. Film ini merupakan proyek pamungkas dari kegiatan roadshow (ceramah keliling) berjudul sama selama Januari-April 2008.

Lewat tausiah, Ustad Yusuf berharap, bisa menutup semua dosa yang pernah ia perbuat. “Dosa saya ini banyak sekali, terutama pada orangtua saya. Saya ini pernah menjual tanahnya tanpa sepengetahuan beliau. Dengan tausiah saya berharap dosa saya makin lama makin hilang. Inilah yang bisa saya lakukan untuk Allah,” ucap Ustad Yusuf. Ternyata petunjuk Allah bisa datang dari mana saja dengan cara yang sama sekali tidak kita sadari. Seperti yang dialami Ustad Yusuf yang disadarkan oleh Allah melalui semut. Namun tidak semua orang mau mengambil hikmah dan pelajaran yang sedemikian banyak. Dan tidak semua mereka mau menjadikan Quran dan Sunnah sebagai pedoman kehidupannya.

Sekarang siapa yang tidak kenal Yusuf Mansur, Ustad Sedekah atau Ustad Bisnis dengan panggilan YM mulai merambah segi bisnis hampir disegala bidang dan pantas kami nobatkan dalam sosok Moslem Millionaire Berikutnya. Sebgai catatan setelah Sukses dengan Wisata Hati ustad Yusuf Mansuf membangun PPPA Darul Qur’an, Rumah Tahfidz, Miracle Water, VSI, Koperasi untuk Patungan Aset dan patungan Usaha, Hotel Siti Bandara, Tahfidz TV dan Masjid Tahfidz yang sedang dibangun sekarang serta beberapa bisnis lain yang masih banyak lagi.

Anda memiliki Komentar atau tambahan informasi yang bisa melengkapi artikel ini, silakan berkomentar pada kolom dibawah ini.

· · · · · ·


Related Articles & Comments

  • keajaiban sedekah memang luar biasa

    market bisnis Jun 8, 2017 11:48 pm Reply
  • Sedekah di PayTren ustad yusuf mansur ;

    Stiap transaksi di paytren, ada juga sedekahnya,,,,

    Contoh :

    Ada 1 mitra paytren yg transaksi pulsa 10rb….
    Dan dari pulsa 10rb, perusahaan mendapatkan untung dan sebagian keuntungannya disedekahkan….

    jika digabungkan dengan setiap transaksi seperti transaksi listrik PLN, PDAM, bayar BPJS, Beli Tiket pesawat, Tiket kereta api, dll. Melalui paytren. Maka bpk / ibu jgn kaget dari nilai sedekah yg menurut kita kecil itu…

    saat ini, setiap minggunya terkumpul dana sedekah setidaknya minimal 150 juta….

    alhamdulilaah dana sedekahnya min 150 juta / minggu lho…

    Makanya jgn heran, lewat paytren.. sedekah tersebut disalurkan sehingga bisa jd jembatan di pelosok negri, bisa jd ambulance, bs jd jalan..
    kebaikan buat qta smua….

    Paytren adalah wujud nyata kekuatan berjamaah. Insya Alloh….

    Buat temen2 yg lg….
    -Memerlukan kemudahan untuk transaksi bayar2…..
    -Yg lg cari peluang Usaha/bisnis….
    -Yg pengen punya bisnis sekaligus sedekah….

    Info pendaftaran paytren atau mau tanya2 mengenai paytren bisa menghubungi saya…..

    Wa/sms. 085624897442,,,,
    Bbm 55129797

    Ikbal Jan 10, 2017 7:04 pm Reply
  • Assalamualaikum ustad ana punya hutang yang gak habis habis bagai mana caranya biar bisa lunas ustad

    Rahmat hidayat Sep 5, 2016 5:50 am Reply
  • Ust. Saya Wahyudi dari makassar saya pernah mendengar kisah anda melalui guru z dipsantren waktu itu z dan teman di traktir mkan durian namun saat itu saya liat dia semakin tertawa ketika uang semakin banyak keluar jadi saya bertanya kenpa bapak semakin senang ketika uang bapak semakin banyak keluar dia menatap z dan tertwa dan brtnya pernahkah kau dengar atau baca buku ust YM z bilang tidak pernah trus dia bertanya percaya tidak kita dapat memiliki sesuatu apa yg qt inginkan selama kurang lebih 40 hari z bilang it mustahil klo keinginan kita besar dia bilang tidak dan memberi ilustrasi tentang bersedekah dan mencrita tentang sebuah kisah seketika z mengingat prktaan kk saya yg pernah berkata kalau mau rejeki rajin rajin besedekah lalu saya mengingat perjalanan hidup kk saya yg begitu pesat kemajuannya seketika saya yakin dan sangat ingin bersedekah sampai sampai saya mw menjual barang barang saya untuk saya sedekahkn saja kejadian itu berawal diakhir bulan desember 2014 dan pada 5 februari 2015 keinginan saya tercapai membeli vixion dan hal itu dua kali terjadi namun pernah suatu ketika justru z memiliki keinginan dan besedekah malah saya kehilangan uang saya mw tanya hal itu apa sebabnya yaa ust. ???

    wahyudi Aug 26, 2016 8:35 am Reply
  • Pingback: Domino Qiu Qiu Versi Lama – My Blog

  • Pingback: Cara Cepat Kaya Versi Yusuf Mansur – domino qiu qiu dan situs poker online

  • sebelum liat yusuf mansur. ane gk pernah sodakoh. saat liat beliau d cd2 jaman dlu. bener masuk akal, mf kita bangsa indonesia kudu sakit dlu bru berdoa. klau lg sehat gk pernah doa. bersyukur atas izin Allah sebagai wasillah ust. yusur mansur untuk berbagi, bersodakoh.
    alhamdullah pak ust. ane saat brangkat dan pulang kerja selalu lewat masjid yg sedang d bangun, dengan kotak amal di jalan tanpa di jaga. setiap berangkat atau pulang ya sodakoh 2rb 2rb 2rb. alhamdllah rejeki ada aj. tentu bener bnyak pertanyaan apa nggak pamrih atau iklas ngomng begini di blog ini jawabanya karna belom paham, karna belum nyoba. saya jg mau berbagilah ilmu bukan ym aj. bener sedekah pintu keselamatan di jalan. rizki berupa uang ad aj.

    john Jul 29, 2016 10:45 am Reply
  • Pingback: Cara Kaya Ustad Yusuf Mansur – domino qiu qiu dan situs poker online

  • السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.. ǙИТǙĸ para jamaah bagi Ɣªηƍ memiliki rezeki lebih, sy mohon bantuannya, sy sudah hampir 2thn terjerat rentenir, pinjaman pokok sy wkt itu cm 5jt, dihitung2 sudah lebih dr 24jt sy bayar bunganya, tetapi sy msh saja dikejar2, mhn sodakohnya, pulang sy sllu malem takut a∂a̲̅ Ɣªηƍ nagih, siang sy pergi tanpa tujuan krna takut a∂a̲̅ Ɣªηƍ ϑά̲̣ƭά̲̣иƍ, sy mohon bantuan sodaqohnya, mudah2an menjadikan pahala buat para pembaca

    ahmad Lathif Jul 9, 2016 3:06 pm Reply
  • MF SEDIKIT BERBAGI TTG SEDEKAH POOL. sy udah coba lakukan sedekah dgn cara POL bahkan sy pinjam uang biar POL BANGET sedekahnya.bgni sy dpt tlp dri ssorang yg bc blog ustad YM.orng itu tlpn ke sy minta sedekah krna anknya opname dn hrus operasi jantung.DIA MintAa sdekah ke sy.sy maunya sedekah smampu sy,ttpi orang itu minta sedekah 500Rb.TERINGAT PESAN SEDEKAH POOL USTAD YM,ini ksempatan sy buat buktikan kebenaran tentang sedekah.jjur saat itu sy Ngak py uang krn sy blm bayaran dari krja kuli bagunan.akhirnya saya ptuskan pnjam uang buat tambah sedekah 500Rb BIAR POOL.AKHIRNYA SY BISA SDEKAH 500Rb.tetapi boro” bisa dpt rejeki yg lbih buat bayar Hutang sy yg lain j blm bisa,malah gali lobang tutup lobang.MANA BUKTINYAAAAAA JGAN OBRAL JANJI BKIN FRUSTASIIIIIII 0896 3966 6798

    Guntur Jun 10, 2016 10:35 am Reply
  • Saya juga pingin kaya pa ustad,bisa ikhlas n bisa sabar
    Doa saya semoga saya bisa ngebahagisin orang tua days n kluarga saya amin n bisa jadi kluarga sakinah mawadah warohmah n punya usaha sendiri
    Mohon doanya seiman n seislam

    Kurnia budi p Jun 6, 2016 3:44 am Reply
  • Assalamualaikum wr.wb
    aku ingin bersedekah, kemana aku bersedekah?
    tolong minta pencerahanya pa ustad dan doakan sy agar setiap langkah diberi cahaya dan diampuni dosaku.
    amiiin
    trimakash

    imam May 18, 2016 6:54 am Reply
  • 6155168971 bca an didik setyo wibowo saya mhn bantuannya ustad saya hny supir hidupi 8 anak sy pingin pnya modal bs pny mobil sendiri buat kerja transportasi no hp 081321116828

    didik setyo wibowo Apr 27, 2016 3:15 pm Reply
  • Ijin Copas di fanpage
    Pesantren Tahfidz Ibrahim, Sidrap, Sulawesi Selatan

    Pesantren Tahfidz Ibrahim, Sidrap, Sulawesi Selatan Mar 24, 2016 8:29 am Reply
    • silakan…

      Ari Bowo Mar 24, 2016 11:19 am Reply
  • Assalamualaikum Ustadz ..sama mau tanya nie sedekah yang gimana yang harus saya buat supaya jualan kami lancar lagi dan punya uang untuk modal jualan serta bisa bayar utang…sementara suami tidak mau menerima ide-ide saya tentang bersedekah ini ..apakah saya bisa diam-diam bersedekah tanpa tahu suamu..mohon penjelasannya Ustadz terima kasih.

    Imas Mar 4, 2016 5:22 am Reply
  • bagaimana cara melunasi utang sedangkan pekerjaan tidak tentu, makan saja pas pasang, sudah 3 tahun saya alami keadaan seperti ini.

    julias Feb 5, 2016 5:43 am Reply
  • ustads bagaimana cara melunasi utang sedangkan pekerjaan tidak tentu mau makan saja pas pasang, sudah 3 tahun lamanya saya alami keadaan ini.

    julias Feb 5, 2016 5:36 am Reply
  • Bagus nih uraian Cak Nun soal sedekah, menyindir si Motivator Sedekah…

    “MASUK SURGA ITU NGGAK PENTING..!”
    [Think Different Ala Cak Nun]

    INGAT : Tulisan ini khusus untuk para GENTHO (begundal), mereka yang sedang berproses mencari kebenaran Tuhan.
    Yang mengaku Alim atau ahli ibadah atau Ustad minggir dulu, nanti dulu, jangan Komen.
    Jangan berharap ada dalil-dalil dari Syekh Zulkifli Jabal Syueb Sanusi (embuh sopo kui? – Gak tau siapa Itu ?). Monggo.

    BEBERAPA tahun belakangan marak ‘SEDEKAH AJAIB’ yang sering digiatkan oleh itu, Si Ustad ‘nganu’. Cak Nun hanya mengingatkan, “SEDEKAH itu dalam rangka BERSYUKUR, berbagi rejeki & kebahagiaan, BUKAN dalam rangka MENCARI REJEKI. Ingat itu!
    Kalau Anda mengharapkan kembalian berlipat-lipat dari sedekah, itu bukan sedekah, tapi dagang! Paham?”

    Beliau tidak mengecam juga, lha wong taraf imannya masih segitu kok.
    Kalau menyedekahkan uang, sepeda motor, mobil, rumah, helikopter atau apa pun, ya wis, kasihkan saja, titik! Setelah itu Jangan Berharap Apa-apa. Walau kita yakin akan dibalas dengan berlipat ganda, tapi ketidaktepatan dalam niat menjadikan sedekah bukan lagi sedekah, melainkan sekedar jual beli. Sedekahnya sudah bagus, tapi janji Tuhan jangan pernah dijanjikan oleh manusia, nggak boleh!

    Banyak orang beribadah yang masih salah niat gara-gara manut omongan si motivator sedekah. Naik haji/umroh biar dagangannya lebih laris. Sholat Duha biar diterima jadi PNS, biar duit banyak, biar jadi milyarder biar dihormati orang. Ibadah itu dalam rangka bersyukur, titik! Menangislah pada Tuhan tapi bukan berarti jadi cengeng. Nabi dalam sholatnya menangis, tapi sebenarnya itu adalah menangisi. Beda antara menangis dan menangisi. Kalau menangis itu kecenderungan untuk dirinya sendiri, tapi kalau menangisi itu untuk selain dirinya : orangtua, anak, istri, kakek, nenek, saudara, sahabat dan seterusnya.

    Ada seorang pedagang miskin yang dagangannya nggak laku, dia sabar dan ikhlas : “kalau memang saya pantasnya miskin, dagangan saya nggak laku, saya ikhlas, manut ae, yang penting Tuhan ridho sama saya.” Malah keikhlasan seperti ini yang langsung dijawab oleh Tuhan dengan rejeki berlimpah yang tak disangka-sangka datangnya.

    Tapi kalau kita yang ditimpa sial, dagangan nggak laku, biasanya langsung mewek : “Ya Tuhan kenapa saya kok mlarat, miskin, dagangan gak laku, gak bisa beli montor, gak bisa beli mobil, aku salah apa sih..!???” Waaahh…, malaikat langsung gregeten, nampar mukamu : “Oalaaaaah.., cengeng byanget kamu ya…!!!”

    Iman seseorang memang tidak bisa distandarisasi. Tiap orang mempunyai kapasitas iman yang berbeda.
    Makanya kalau jadi imam harus paham makmumnya. Makmumnya koboi tapi bacaan imamnya panjang-panjang disamakan dengan anak pesantren. Akhire makmumnya di belakang nggerundel, gak ihklas.

    Cak Nun mengingatkan, usahakan berbuat baik jangan sampai orang tahu. Kalau bisa jangan sampai orang tahu kalau kita sholat. Lebih ekstrim lagi, jangan sampai Tuhan tahu kalau kita sholat (walau itu nggak mungkin). Pokoknya lakukan saja apa yang diperintahkan dan jauhi yang dilarang-Nya, titik! Itu adalah sebuah bentuk keikhlasan, tanpa pamrih yang luar biasa. Sudah suwung, sudah nggak perduli dengan iming-iming imbalan pahala, yang penting Tuhan ridho, nggak marah pd kita.

    Motong rambut atau kuku nggak harus nunggu hari Jum’at. Lha wong paling pingin ML aja kok ya harus nunggu malam Jum’at, Ni gimana sih? Itulah kita, tarafnya masih kemaruk (serakah) pahala. Nggak ada pahala, nggak ibadah. Ini jangan diartikan meremehkan Sunnah Rosul. Pikir sendiri!

    “Surga itu nggak penting..!” kata Cak Nun suatu kali. Tuhan memberi bias yang bernama surga dan neraka. Tapi kebanyakan manusia hanya kepincut pada surga. Akhirnya mereka beribadah tidak fokus kepada Tuhan. Kebanyakan kita beribadah karena ingin surga dan takut pada neraka. Kelak kalau kita berada di surga, bakalan dicueki oleh Tuhan. Karena dulu sewaktu di dunia cuma mencari surga, nggak pernah mencari Tuhan. Kalau kita mencari surga belum tentu mendapatkan Tuhan. Tapi kalau kita mencari Tuhan otomatis mendapatkan surga. Kalau nggak dikasih surga, terus kita kost dimana???

    “Cukup sudah, jangan nambah file di kepalamu tentang surga dan neraka. Fokuskan dirimu hanya pada Tuhan. Karena sebenarnya orang yang
    berada di surga adalah orang yang mencari Tuhan. Dzat yang sangat layak dicintai di atas segala makhluk dan alam semesta…” kata Cak Nun

    harun Oct 31, 2015 3:53 pm Reply
    • Comment opo curhat tong???

      Ashari Apr 18, 2016 6:15 am Reply
  • Klo menurut sy, sedekah itu adalah berbagi. Klo pun akan ada balasan ya jangan diharapkan, itu seperti pamrih. Sedekah ga bicara untung rugi, sedekah bukan jualan.

    Tony Oct 30, 2015 8:15 pm Reply
  • ass,pa ustad yg budimn say anak 3 yang pertama kls 3 stm yg ke dua kls 1 sma yg ke 3 kls 3 sd saya punya gaji harian 400000 rb rp tp hidup saya susah terus ada apa sebetul nya dengan diri saya tolong solusinya

    sukarim abdul Oct 23, 2015 3:41 am Reply
  • Ambil contoh, jika seorang jamaah di sebuah pengajian, dengan tiba2 sangat menggebu semangatnya setelah mendengar seruan ajakan untuk bersedekah,, padahal uangnya pas pasan untuk ongkos ke pengajian,, Apakah sedekahnya udah benar,,,

    Name:siti marsiti Oct 4, 2015 4:08 pm Reply
    • kan ada Allah.

      john Jul 29, 2016 10:24 am Reply
  • Aslm ustad saya punya yayasan yatim piatu sosial kemasyarakatan yang selama ini kurang lebih 10th tapi kegiatan kami tersendat dalam bidang mengeluarkan santunan di karenakan keuangan kami yang menipis untuk itu kami mohon bantuan dan ke ikhlasanya untuk memberi bantuan pada yayasan kami dan semoga amal tersebut nantinya bisa bermanfaat bagi yayasan kami dan para penerima bantuan dari kami amin. no Rek : BRI 5922-01-000439-52-3

    lansumar Sep 23, 2015 1:57 pm Reply
  • Ass …saya ingin bersodaqoh ke PPPA drul quran bsok ..saya igin bertemu ust ysup mnsur lngsung gmn ccara y pa

    ade May 24, 2015 3:16 am Reply
  • Ass pa ustad, pa ustad mau tanya, bgi mana caranya ingin hidup srba kecukupan tuk membahagiakan kluarga? mks wassalamualaikum wrwb.

    uus supriadi Apr 10, 2015 11:08 am Reply
  • Dulu klo gak slh di antv kan….knp pindh pak

    Andi Pramono Mar 7, 2015 6:55 am Reply
  • Oh gt…nnanti tak cb cari pak…jam brapa biasanya pak

    Andi Pramono Mar 7, 2015 6:53 am Reply
  • Aslm ustad..kapan buat acara lagi di TV?…sy kgn ni ma tausiyahnya.

    Andi Pramono Mar 5, 2015 3:01 am Reply
    • Masih ada pak di RTV

      Ari Bowo Mar 5, 2015 3:49 am Reply
  • Sungguh sy sedih melihat bangsa ini…gmn enggak..klo ada konglomerat yg beragama islam bs punya rumah n mobil yg milyaran atau trilyunan nilainya….knp bnyk panitia pembangunan masjid yg sngt harus bersusah payah mengumpulkan dana pembangunan

    Andi Pramono Mar 5, 2015 2:57 am Reply
  • Alhmlh kondisi sy sm seperti ustad dulu…walaupun tidak sedahsyat ustad..smg sy bs sukses sprt ustad…mhn doa dr saudara muslim setanah air..wass

    Andi Pramono Mar 5, 2015 2:53 am Reply
    • Amin, semoga pak Andi bisa seperti pak YM

      Ari Bowo Mar 5, 2015 3:48 am Reply
  • Bagaimana cara bersedekah dengan tujuan agar hutang hutang lunas mksh

    siti musrifah Jan 12, 2015 9:18 am Reply
  • Assalamualaikum… Ustadz kalo sy pengen bersedekah lwt Ustadz bgm caranya? Trmksh utk infonya

    Widya Dec 2, 2014 2:13 pm Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

92 − = 86