Akhirnya PANDI berencana gratiskan Satu Juta Domain .id, Ada Apa Gerangan?


865
4 comments, 865 points

pandi

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) berniat mencicil program satu juta domain dalam dua tahap. Masing-masing tahapan terdiri dari 500.000 domain .id.

Ketua PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) Andi Budimansyah mengungkap, targetnya 500.000 domain akan bisa dibagikan pada akhir 2015 ini sementara sisanya dibagikan pada kurun 2016. Domain yang digratiskan adalah turunan .id saja, seperti .co.id, web.id atau or.id.

“Memang bukan domain .id, karena itu kan bisa sampai Rp 500 ribuan. Kalau untuk turunannya, seperti web.id atau co.id bisa,” ujar Andi.

Pemerintah memang hanya mengalokasikan dana sebesar Rp 50.000 untuk pembelian domain .id ini. Selain mendapat domain gratis, pemilik situs akan mendapatkan dana untuk hosting sebesar Rp 150.000.

“Biaya domain, hosting, dan pendampingan akan disubsidi dengan catatan data center hosting-nya ada di Indonesia. Tujuannya supaya traffic internet tidak akan lari ke luar negeri,” terang Andi saat ditemui di sela-sela Indonesia Cyber Security Summit (ICSS), Senin (24/8/2015).

Sosialiasi rencana bagi-bagi gratis domain .id ini untuk dilakukan PANDI dan pemerintah di tiga kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Sosialisasi berikutnya akan dilakukan di Bandung.

Meski sudah masuk tahap sosialisasi, rencana ini masih menunggu persetujuan pendanaan. Saat ini, anggaran untuk sejuta domain gratis baru diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan baru dibahas sekitar November mendatang.

“Kami berharap akan disetujui untuk anggaran 2016 nanti,” pungkasnya.

Sebelumnya, cita-cita menggratiskan sejuta domain .id ini diserukan oleh Menkominfo Rudiantara. Dia mewacanakan subsidi sebesar Rp 50 miliar untuk mewujudkan program tersebut.

Dengan memberikan sejuta domain dikombinasikan hosting yang berada di dalam negeri, maka bisa mengurangi lalu lintas internet ke luar negeri. Targetnya adalah memangkas biaya bandwidth internasional yang bisa mencapai ratusan miliar rupiah.

Menurut teman-teman berguna sekali tidak promo seperti ini? Dengan harga jual yang cukup tinggi lalu ada program gratis domain. Saya sendiri kurang begitu tertarik dengan domain .id. Pertama karena harga jual diatas pasaran misalnya saja .id dijual dengan harga Rp 550,000 dengan harga segitu kita bisa membeli 5 domain .com

Alangkah baiknya pemerintah menjual domain dengan harga standar setara dengan domain .com .net atau domain gTLD lainnya, sehingga daya beli masyarakat menjadi lebih tinggi dan kita sebagai orang Indonesia jadi bisa cinta produk .id tidak perlu membeli ke luar negeri


What's Your Reaction?

Happy Happy
0
Happy
Sedih Sedih
0
Sedih
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

4 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. selera orang juga berbeda beda, apalagi disaat domain .com .net. org maka alternatifnya domain .id
    Thx Infonya Gan. Skrng di idwebhost lagi bagi2 domain hanya Rp.9.900 perak kurang cepe dari 10ribu.

    Salam Kenal dan Sukses Selalu

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format